PPID Direktorat Jenderal Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Direktorat Jenderal Hortikultura

KEPALA BARANTAN SUKSES ANTAR SSM QC RAIH NILAI HIJAU DI 7 PELABUHAN




 

 

 

 

 

  


Pengawalan ini juga dalam rangka mengikuti arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, agar seluruh petugas karantina senantiasa bekerja sesuai SOP, agar terhindar dari tindakan korupsi.

Apresiasi Terhadap Tim Stranas PK

Kepala Badan Karantina Pertanian juga menyampaikan apresiasi kepada tim Stranas PK yang telah memfasilitasi terciptanya sinergisitas dan kolaborasi antar 14 K/L yang terkait sehingga tercipta pemangkasan birokrasi dan layanan yang cepat di kawasan pelabuhan.

Menurut Bambang, hal ini bukanlah hal yang mudah, sebuah kerja besar yang telah dilakukan tim Stranas PK yang akhirnya mengantarkan Indonesia masuk dalam daftar 20 besar port performance menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

“Setelah satu tahun saya mengawal implementasi layanan Single Submission Kepabeanan Karantina (SSm QC) saya merasa kini teman-teman karantina dapat menjalankan tindakan karantina dengan lebih baik, lebih cepat, efektif dan efisien,” tambahnya.

Untuk tindakan karantina yang low risk dan medium risk, Bambang memaparkan dapat diselesaikan di border, namun untuk high risk yang membutuhkan waktu pemeriksaan yang lebih lama dibawa ke post border sehingga dapat memberikan layanan karantina yang cepat tanpa mengurangi esensi tindakan karantina.

Dengan adanya Stranas PK ini, Bambang mengatakan upaya Barantan untuk terus melakukan terobosan-terobosan layanan karantina yang bisa mempercepat layanan karantina di border. Seperti Kerjasama pre border dimana sebelum masuk Indonesia sudah ada jaminana dari laboratorium di negara asal yang menjamin kesehatannya, sehingga saat masuk Indonesia kita tidak perlu memakan waktu lama untuk lakukan pemeriksaan.

“Dalam menjalankan aksi pemangkasan birokrasi dan peningkatan layanan di Kawasan Pelabuhan ini karantina pertanian tidak bisa berjalan sendiri, hal ini hanya dapat dilakukan dengan kerjasama dan kolaborasi multi pihak,” pungkas Bambang.

sumber berita ;

 https://karantina.pertanian.go.id/berita-1523-kepala-barantan-sukses-antar-ssm-qc-raih-nilai-hijau-di-7-pelabuhan.html