PPID Direktorat Jenderal Hortikultura

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Direktorat Jenderal Hortikultura

Food Estate Wonosobo Menyongsong Hari Kemerdekaan RI ke 77 dengan Gelar Karya




 

 

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77, Food Estate (FE)  kegiatan yang dikemas dalam Gelar Karya Food Estate bertema Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Gelar Karya tersebut  gelar produk food estate  arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) agar kemanfaatan program benar-benar dirasakan oleh petani. Presiden RI Joko Widodo mengamanahkan agar program ini  dan jaminan pasar sehingga penghasilan petani meningkat.

 

Food estate Wonosobo merupakan  yang dikelola oleh 25 Kelompok Tani dengan luasan total 339,96 ha. Berbagai upaya dilakukan Direktorat Jenderal Hortikultura  Setyanto terus melakukan pengawalan intensif dan bekerja ekstra untuk mewujudkan  cabai dari Wonosobo membantu menstabilisasi harga. Apa yg dicanangkan pemerintah mampu memberikan dampak yang luar biasa. Intervensi dari Wonosobo mampu menurunkan harga cabai nasional yang sempat meningkat tajam," ujar Prihasto saat memberi sambutan, Rabu (11/8).

 

Pengembangan food estate, lanjut Prihasto, merupakan program yang memperhatikan aspek hulu ke hilir menjadi perhatian utama.

 

"Wujudnya tidak hanya dalam bentuk koperasi yang melibatkan off taker saja, bahkan kami sediakan Pasar Tani atau Toko Tani kami berikan tempat khusus sehingga petani tidak lagi memikirkan pasar, cukup berproduksi saja. Kami ke depan pun ingin program ini terus diperluas," tambahnya.

 

Mendampingi, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat mengatakan Wonosobo bisa karena keteguhan petani dalam merespon program pemerintah. Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan petani saling bersinergi dalam hal mengimplementasikan program pertanian terutama tekrkait food estate. Hasilnya kini bisa dinikmati petani guna meningkatkan kesejahteraan petani.

 

"Petani harus siap adaptif dengan perkembangan teknologi yang ada karena berkompetisi dengan produk dari luar negeri. Kita harus bangga dengan produk kita sebagai bentuk rasa cinta kita. Kami siap menyokong perekonomian bangsa khusus dari Wonosobo dari 11 kelompok tani. Dibuktikan kami hari ini mampu menyedekahkan hasil panen kepada bumi," terang Afif.

 

Peresmian kepengurusan Koperasi Wonosobo turut disaksikan para off taker. Sehingga momen ini bisa dijadikan sarana silaturrahim dan saling mendukung antar petani dalam meningkatkan hasil produksi dan pasar. Masyarakat pun semakin tertarik untuk bergabung dengan program food estate.

 

Hari pertama Gelar Karya food estate diisi dengan kegiatan Bimbingan Teknis Pemanfaatan Teknologi Budidaya terkait pembuatan Pupuk Organik Cair (POC). Acara dilanjutkan dengan rangkaian  operasional FE Wonosobo dari Direktorat Jenderal Hortikultura  masing-masing  terdiri dari cabai, kentang dan bawang putih. Pada lomba karya ini tiap kelompok akan dinilai oleh tim dari Direktorat STO, Dinas Pertanian dan pelaku usaha.